Hubungan antara Partus Lama dengan Kejadian Perdarahan Postpartum Dini di Kamar Bersalin Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang

Authors

  • Siti Candra Windu FKUB
  • Rahmaniar Meirani FKUB
  • Uswatun Khasanah FKUB

Abstract

Persalinan yang tidak ditangani dengan baik  dapat menyebabkan proses persalinan tidak berjalan lancar dan persalinan berlangsung lebih lama atau terjadi partus lama. Partus lama dapat menyebabkan perdarahan postpartum dini, yang merupakan penyebab terpenting kematian maternal di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara partus lama dengan kejadian perdarahan postpartum dini. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan desain cross sectional yang dilakukan terhadap ibu yang bersalin pervaginam di kamar bersalin Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang pada tanggal 11 Juni-11 September 2012. Variabel yang diukur adalah partus lama dan kejadian perdarahan postpartum dini. Dari hasil penelitian didapatkan 25 ibu mengalami partus lama dan 35 ibu tidak mengalami partus lama. Ibu yang mengalami partus lama lebih banyak yang mengalami perdarahan postpartum dini (72%) dibandingkan yang tidak mengalami partus lama (34,29%). Analisis data dengan menggunakan chi square menunjukkann nilai x2 hitung>x2 tabel (8,287 > 6,64) dan p=0,004 < 0,01 yang menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara partus lama dengan kejadian perdarahan postpartum dini. Besarnya hubungan tersebut adalah 0,349 (rendah), yang menunjukkan bahwa partus lama hanya mempengaruhi kejadian perdarahan postpartum dini sebesar 12,18%,  sedangkan sisanya yakni 87,82% di pengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan penelitian ini yaitu semakin lama proses persalinan maka kemungkinan untuk terjadinya perdarahan postpartum dini semakin besar.

 

Kata kunci : Partus lama, Perdarahan postpartum dini.

Author Biographies

Siti Candra Windu, FKUB

FKUB

Rahmaniar Meirani, FKUB

FKUB

Uswatun Khasanah, FKUB

FKUB

References

Prawirohardjo S. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. 2007.

Wahyuningsih. Insidensi Partus Lama pada Primipara dan Multipara di RSUD Dr. Moewardi Surakarta Tahun 2009. Skripsi. Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2010.

Wiludjeng R. Gambaran Penyebab Kematian. Rianto B (Editor). Cermin Dunia Kedokteran. 2007.

Jensen, Bobak, Lawdermilk. Keperawatan Maternitas. Wijayariani M (Penerjemah). Jakarta: EGC. 2004.

Oxorn H, Forte WR. Ilmu Kebidanan Patologi dan Fisiologi Persalinan. Mohammad, H (Penerjemah). Yogyakarta: Andi Offset. 2010.

Manuaba IAC, Manuaba IBGF, Manuaba IBG. Kapita Selekta Penatalaksanaan Rutin Obstetri Ginekologi dan KB. Jakarta: EGC. 2001.

Boyle M. Buku Saku Bidan. Meiliya E (Penerjemah). Jakarta: EGC. 2008.

Williams L. Wilkins. Active Versus Expectant Management of the Third Stage of Labor and Implementation of a Protocol. Journal of Perinat Neonat Nurs. 2010; 24(3):215-228.

Downloads

Published

13-01-2017

How to Cite

Windu, S. C., Meirani, R., & Khasanah, U. (2017). Hubungan antara Partus Lama dengan Kejadian Perdarahan Postpartum Dini di Kamar Bersalin Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar Malang. Majalah Kesehatan, 3(4), pp.190–195. Retrieved from https://majalahfk.ub.ac.id/index.php/mkfkub/article/view/110

Issue

Section

Original Research Article