HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PASIEN DENGAN KEGIATAN EDUKASI KESEHATAN DAN PELAYANAN DI RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PEKANBARU

Authors

  • Agustiawan Institut Kesehatan Helvetia Medan-Rumah Sakit Islam Ibnu Sina, Pekanbaru, Riau
  • Arifah Devi Fitriani Institut Kesehatan Helvetia Medan
  • Mappeaty Nyorong Institut Kesehatan Helvetia Medan

DOI:

https://doi.org/10.21776/majalahkesehatan.2024.011.02.4

Keywords:

edukasi, kesehatan, kepuasan pasien, pelayanan, promosi kesehatan

Abstract

Promosi kesehatan di rumah sakit (RS) diyakini semakin penting karena adanya peningkatan kejadian penyakit kronis di seluruh dunia yang membutuhkan kepatuhan terhadap pengobatan. Penelitian sebelumnya  menunjukkan bahwa kepuasan pasien dapat meningkat melalui penerapan edukasi kesehatan yang dapat memenuhi harapan pasien. Melihat pentingnya kegiatan promosi kesehatan di RS maka ingin diketahui hubungan antara kepuasan pasien terhadap kegiatan edukasi kesehatan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan RS. Penelitian potong lintang telah dilakukan di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru pada bulan Juni sampai Agustus 2022. Sebanyak 98 responden dilibatkan dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan uji Chi square, dengan p < 0,05 dianggap signifikan berdasarkan uji statistik. Penelitian ini diikuti oleh 98 pasien. Rerata nilai kepuasan berdasarkan kuesioner adalah 23,29±4,25, dengan  sebanyak 64,3% pasien puas terhadap pelayanan RS. Rerata skor kepuasan pasien terhadap kegiatan edukasi kesehatan dalam penelitian ini adalah 22,62±4,58. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan edukasi kesehatan di RSI Ibnu Sina Pekanbaru sesuai dengan yang pasien harapkan. Sebanyak 51,0% dalam penelitian ini menilai bahwa kegiatan edukasi kesehatan di RSI Ibnu Sina sesuai harapan. Hubungan antara kepuasan pasien terhadap pelayanan secara umum berbanding lurus dengan harapan pasien terhadap kegiatan edukasi kesehatan, di mana hubungan signifikan berdasarkan uji statistik (p = 0,000). Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan antara kepuasan pasien terhadap kegiatan edukasi kesehatan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan di RSI Ibnu Sina Pekanbaru.

Author Biographies

Agustiawan, Institut Kesehatan Helvetia Medan-Rumah Sakit Islam Ibnu Sina, Pekanbaru, Riau

Magister Kesehatan Masyarakat,

Arifah Devi Fitriani, Institut Kesehatan Helvetia Medan

Magister Kesehatan Masyarakat

Mappeaty Nyorong, Institut Kesehatan Helvetia Medan

Magister Kesehatan Masyarakat

References

Presiden Republik Indonesia. Undang-Undang RI No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. (Online). 2009. https://jdihn.go.id/files/4/2009uu044.pdf

Huang CH, Wu HH, Lee YC, Li L. What Role Does Patient Gratitude Play in the Relationship Between Relationship Quality and Patient Loyalty?. Inquiry. 2019; 56:46958019868324. doi:10.1177/0046958019868324

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Standar Promosi Kesehatan Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2011.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit. 2018.

Kumar S, Preetha G. Health Promotion: an Effective Tool for Global Health. Indian J Community Med. 2012; 37(1):5-12. doi:10.4103/0970-0218.94009

Terris M. Concepts of Health Promotion: Dualities in Public Health Theory. J Public Health Policy. 1992;13(3):267-276.

McHugh C, Robinson A, Chesters J. Health Promoting Health Services: a Review of the Evidence. Health Promot Int. 2010; 25(2):230-237. doi:10.1093/heapro/daq010

Oppedal K, Nesvåg S, Pedersen B, et al. Health and the Need for Health Promotion in Hospital Patients. Eur J Public Health. 2011; 21(6):744-749. doi:10.1093/eurpub/ckq148

Tønnesen H, Christensen ME, Groene O, et al. An Evaluation of a Model for the Systematic Documentation of Hospital Based Health Promotion Activities: Results from a Multicentre Study. BMC Health Serv Res. 2007; 7:145. Published 2007 Sep 18. doi:10.1186/1472-6963-7-145

Amiri M, Khosravi A, Riyahi L, Naderi S. The Impact of Setting the Standards of Health Promoting Hospitals on Hospital Indicators in Iran. PLoS One. 2016; 11(12):e0167459. Published 2016 Dec 13. doi:10.1371/journal.pone.0167459

Afshari A, Mostafavi F, Keshvari M, et al. Health Promoting Hospitals: a Study on Educational Hospitals of Isfahan, Iran. Health Promot Perspect. 2016; 6(1):23-30. Published 2016 Mar 31. doi:10.15171/hpp.2016.04

Imaninda V, Azwar S. Modifikasi Patient Satisfaction Questionnaire Short Form (PSQ-18) ke dalam Bahasa Indonesia. Gadjah Mada J Psychol (GamaJoP). 2016; 2(1):8-21. Doi: 1022146/gamajop31864

Al-Abri R, Al-Balushi A. Patient Satisfaction Survey as a Tool Towards Quality Improvement. Oman Med J. 2014; 29(1):3-7. doi:10.5001/omj.2014.0

Groene O, Jorgensen SJ. Health Promotion in Hospitals--a Strategy to Improve Quality in Health Care. Eur J Public Health. 2005; 15(1):6-8. doi:10.1093/eurpub/cki100

Whitelaw S, Baxendale A, Bryce C, MacHardy L, Young I, Witney E. 'Settings' Based Health Promotion: a Review. Health Promot Int. 2001; 16(4):339-353. doi:10.1093/heapro/16.4.339

Wartiningsih M, Supriyanto S, Widati S, Ernawaty E, Lestari R. Health Promoting Hospital: A Practical Strategy to Improve Patient Loyalty in Public Sector. J Public Health Res. 2020; 9(2):1832. Published 2020 Jul 2. doi:10.4081/jphr.2020.1832

Tatang E, Mawartinah T. Evaluation Study of Health Promotion Hospital (HPH) in Muhammadiyah Hospital in DKI Jakarta, Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2019; 14(3):410-418. doi:https://doi.org/10.15294/kemas.v14i3.16520

Notoadmojo S. Kesehatan Masyarakat, Ilmu & Seni. Jakarta: Rineka Cipta. 2011.

Fereidouni Z, Sabet Sarvestani R, Hariri G, Kuhpaye SA, Amirkhani M, Kalyani MN. Moving Into Action: The Master Key to Patient Education. J Nurs Res. 2019; 27(1):1-8. doi:10.1097/jnr.0000000000000280

Groene O. Implementing Health Promotion in Hospitals: Manual and Self-Assessment Forms. Denmark: WHO Regional Office for Europe (Health Evidance Network). 2006.

World Health Organization. Health Promotion Glossary. [Internet]. Available from: https://apps.who.int/adolescent/second-decade/section/section_9/level9_15.php

Jafari Kelarijani SE, Jamshidi R, Heidarian AR, Khorshidi M. Evaluation Of Factors Influencing Patient Satisfaction in Social Security Hospitals in Mazandaran province, North of Iran. Caspian J Intern Med. 2014; 5(4):232-234.

Susilowati D. Promosi Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2016.

Pelikan JM, Krajic K, Dietscher C. The Health Promoting Hospital (HPH): Concept and Development. Patient Educ Couns. 2001; 45(4):239-243. doi:10.1016/s0738-3991(01)00187-2

Zhou WJ, Wan QQ, Liu CY, Feng XL, Shang SM. Determinants of Patient Loyalty to Healthcare Providers: An Integrative Review. Int J Qual Health Care. 2017; 29(4):442-449. doi:10.1093/intqhc/mzx058

Nurhafizah. Pengaruh Program Edukasi Pasien dan Keluarga Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Sarah Medan. Repositori Institusi USU; (Online). 2020. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/29884

Wada F, Maisaroh D, Rahmah NM, Puspitasari I. Hubungan Pelayanan Edukasi dengan Tingkat Kepuasan Pasien Hipertensi di Poliklinik Penyakit dalam RS Dr. Chasbullah Abdulmadjid. J Ilmu Keperawatan JINTAN. 2022; 2(1):33–9.

Febrian MR, Permatasari P, Nurrizka RH, Hardy FR. Analisis Implementasi Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit di Era Jaminan Kesehatan Nasional. J Ilmu Kesehat Masy. 2020;12(1):20–6.

Yeh MY, Wu SC, Tung TH. The Relation Between Patient Education, Patient Empowerment and Patient Satisfaction: A Cross-Sectional-Comparison Study. Appl Nurs Res. 2018; 39:11-17. doi:10.1016/j.apnr.2017.10.008

Ha JF, Longnecker N. Doctor-Patient Communication: A Review. Ochsner J. 2010; 10(1):38–43.

Brédart A, Bouleuc C, Dolbeault S. Doctor-Patient Communication and Satisfaction with Care in Oncology. Curr Opin Oncol. 2005; 17(4):351-354. doi:10.1097/01.cco.0000167734.26454.30

Stewart MA. Effective Physician-Patient Communication and Health Outcomes: a Review. CMAJ. 1995; 152(9):1423-1433.

Brinkman WB, Geraghty SR, Lanphear BP, et al. Effect of Multisource Feedback on Resident Communication Skills and Professionalism: a Randomized Controlled Trial. Arch Pediatr Adolesc Med. 2007; 161(1):44-49. doi:10.1001/archpedi.161.1.44

Downloads

Published

21-06-2024

How to Cite

Agustiawan, Fitriani, A. D., & Nyorong, M. (2024). HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PASIEN DENGAN KEGIATAN EDUKASI KESEHATAN DAN PELAYANAN DI RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PEKANBARU. Majalah Kesehatan, 11(2), 108–115. https://doi.org/10.21776/majalahkesehatan.2024.011.02.4

Issue

Section

Original Research Article