PENGARUH BIMBINGAN TEKNIK MENYUSUI TERHADAP SIKAP IBU HAMIL TRIMESTER III DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF

La Ode Alifariki, Wa Ode Syahrani Hajri

Abstract


Posisi dan cara menyusui yang benar sangat penting dalam pemberian ASI, seorang ibu dan bayi pertamanya mungkin mengalami berbagai masalah hanya karena tidak mengetahui posisi dan cara menyusui yang benar misalnya cara menaruh bayi pada payudara ketika menyusui, isapan bayi yang mengakibatkan putting susu terasa nyeri, dan masih banyak masalah lainnya. Oleh karena itu, seorang ibu memerlukan seseorang yang dapat membimbingnya dalam merawat bayi termasuk dalam menyusui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan teknik menyusui yang benar terhadap sikap ibu hamil trimester III dalam pemberian ASI eksklusif. Penelitian ini menggunakan metode quasy-experiment  dengan one-group pre-test post-test desain dan dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 di Puskesmas Poasia Kota Kendari. Populasi penelitian adalah semua ibu hamil trimester III sebanyak 320 orang. Adapun jumlah sampel sebanyak 32 responden dengan kriteria umur kehamilan 28 minggu atau lebih dan ibu hamil yang hadir pada saat pelaksanaan Posyandu. Analisis data menggunakan uji t dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum bimbingan teknik menyusui dalam pemberian ASI eksklusif didapatkan nilai rerata sikap ibu sebesar 56,92. Sesudah bimbingan teknik menyusui dalam pemberian ASI ekslusif didapatkan rerata nilai sikap ibu sebesar 65,19. Hasil analisis t-test berpasangan menunjukkan adanya pengaruh bimbingan teknik menyusui yang benar terhadap sikap ibu hamil trimester III dalam pemberian ASI eksklusif dengan p = 0,024 (p < 0,05). Jadi, dapat disimpulkan bahwa bimbingan teknik menyusui berpengaruh terhadap sikap ibu hamil dalam pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Poasia.

 

 

 


Keywords


ASI eksklusif, bimbingan teknik menyusui, sikap.

Full Text:

PDF

References


WHO (Would Health Organization). Infant and Young Child Feeding: Model Chapter for Textbooks for Medical Students and Allied Health Professionals. France: Lancet Publishing Group. 2009.

Perry, E. Shannon., Hockenberry, J.M., Lowdermilk, L.D. WD. Maternal Child Nursing Care. 4th Edition. St. Louis: Mosby-Elsevier. 2010.

Roesli U. Inisiasi Menyusu Dini Plus ASI Eksklusif. Jakarta: Pustaka Bunda. 2008.

Wagner DR, Heyward VH. Measures of Body Composition in Blacks and Whites: A Comparative Review. Am J Clin Nutr. 2000; 71(6):1392–402.

Astutik RY. Payudara dan Laktasi. Jakarta: Salemba Medika. 2014.

Anggraini Y. Asuhan Kebidanan Masa Nifas. Yogyakarta: Pustaka Rihama. 2010.

Bahiyatun. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas Normal. Jakarta: EGC. 2013.

Riksani R. Keajaiban ASI. Jakarta: Salemba Medika. 2012.

Rahayu, S. Gambaran Praktik Ibu tentang Cara Menyusui yang Benar. Jurnal Keperawatan Maternitas. 2011; 9 (3).

Ratih. Hubungan Teknik Menyusui dengan Kejadian Puting Susu Lecet. Di dalam: Prosiding Nasional APIKES-AKBID Citra Medika Surakarta. 2014.

Kementerian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Balitbangkes RI. 2018.

Wulandari. Asuhan Kebidanan Nifas. Yogyakarta: Mitra Cendika. 2009.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2012.

Azwar. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2016.

Erlin. Pengaruh Penyuluhan Cara Menyusui yang Benar terhadap Pemberian ASI pada Minggu Pertama pada Ibu Nifas di RS. PKU. Muhammadiyah Yogyakarta. STIKES Aisyiyah Yogyakart. 2014.

Pratama. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku tentang Kebiasaan Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa SDN 1 Mandong. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.