DIOCTAHEDRAL SMECTITE MEMPERPENDEK DURASI DIARE KRONIK PADA ANAK

Authors

  • Satrio Wibowo FKUB
  • Putri Primawardani FKUB

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.majalahkesehatan.005.02.6

Keywords:

anak, diare kronik, dioctahedral smectite.

Abstract

 Diare kronik merupakan salah satu masalah saluran cerna tersering pada anak yang dialami oleh sekitar 3–20 % anak dari seluruh episode diare pada balita adalah diare khronis. Diare kronik ditandai dengan diare yang berlangsung lebih dari 2 minggu. Dioctahedral smectite merupakan adsorben yang dipakai luas dalam pengobatan diare pada anak. Ia mampu mengabsorbsi toksin, bakteri dan rotavirus, serta mencegah perlekatannya pada membran usus. Dioctahedral smectite juga bermanfaat memperkuat barrier mukosa usus dan ketika tidak ada mukus mencegah kerusakan mukosa usus. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti manfaat dioctahedral smectite dalam memperpendek masa diare pada anak dengan diare khronis. Seratus empat puluh lima dari anak dengan diare kronis yang dirawat di RS Dr. Saiful Anwar Malang pada bulan Januari 2012 – Desember 2016 dievaluasi dalam penelitian ini. Pasien dengan darah dan parasit pada hasil  feses lengkap dikeluarkan dari penelitian. Terdapat 45 pasien yang memenuhi kriteria inklusi.  Pasien dibedakan menjadi 2 kelompok, yang mendapatkan dioctahedral smectite (14 pasien) dan yang tidak (31 pasien), kemudian dilakukan perbandingan lama diare antara dua kelompok. Rata-rata lama diare pada pasien yang mendapatkan dioctahedral smectite lebih pendek daripada yang tidak, dan lama diare ini berbeda secara bermakna (p < 0,05). Dioctahedral smectite dapat menurunkan durasi diare pada anak dengan diare kronik.

 

 

Author Biographies

Satrio Wibowo, FKUB

Laboratorium/SMF Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya-RSUD Dr. Saiful Anwar, Malang

Putri Primawardani, FKUB

Laboratorium/SMF Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya-RSUD Dr. Saiful Anwar, Malang

References

Daftar Pustaka

Lee KS, Kang DS, Yu J, Chang YP, and Park WS. How to Do in Persistent Diarrhea of Children?: Concepts and Treatments of Chronic Diarrhea. Pediatric Gastroenterology, Hepatology & Nutrition. 2012; 15(4):229-236.

Suraatmaja S. Diare Kronik dalam Kapita Selekta Gastroenterologi Anak. Lab/SMF Ilmu Kesehatan Anak FK UNUD/RS Sanglah. Cetakan ketiga. Sagung Seto. Denpasar. 2010.

Soenarto Y. Diare kronis dan Diare Persisten dalam Buku Ajar Gastroenterologi-Hepatologi. Jilid I. Cetakan ketiga. UKK Gastroenterologi-Hepatologi. IDAI. Jakarta. 2012.

Matthai J. Chronic and Persistent Diarrhea in Infants and Young Children: Status Statement. Pediatric Gastroenterology chapter. Indian Academy of Pediatrics. 2011; 48.

Juffrie M, Mulyani NS. Diare Persisten dalam Modul Pelatihan Diare. Edisi pertama. UKK Gastroenterologi-Hepatologi. IDAI. Jakarta. 2008.

Szajewska H, Dziechciarz P, Mrukowicz J. Meta-analysis: Smectite in the treatment of acute infectiousdiarrhoea in children. Aliment Pharmacol Ther. 2006; 23: 217–227.

Faure C. Role of Antidiarrhoeal Drugs as Adjunctive Therapies for Acute Diarrhoea in Children. International Journal of Pediatrics. 2013; 612403.

Dupont C, Foo JLK, Garnier P, et al. Oral Diosmectite Reduces Stool Output and Diarrhea duration in Children With Acute Watery Diarrhea. Clinical Gastroenterology and Hepatology. 2009; 7:456-462.

Evans, J. 2011. Protracted Diarrhea dalam Pediatric Gastrointestinal and Liver Disease. Catakan keempat. Elsevier Saunders . USA 2011; 350-359

Dawn ER. 2010. Diarrhea dalam Pediatric Practice : Gastroenterology. 2010; 41-54

Faouzi K, Mrad AI, Azzouz M, et al. Efficacy of Diosmectite (Smecta) in the Treatment of Acute Watery Diarrhoea in Adults : A Multicentre, Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled, Parallel Group Study. Gastroenterology Research and Practice. 2011; 1-8

Downloads

Published

31-08-2018

How to Cite

Wibowo, S., & Primawardani, P. (2018). DIOCTAHEDRAL SMECTITE MEMPERPENDEK DURASI DIARE KRONIK PADA ANAK. Majalah Kesehatan, 5(2), pp.111–116. https://doi.org/10.21776/ub.majalahkesehatan.005.02.6

Issue

Section

Original Research Article