EMPATI DOKTER DI LAYANAN PRIMER: PENGUKURAN MENGGUNAKAN KUESIONERCONSULTATION AND RELATIONAL EMPATHY (CARE) VERSI INDONESIA

Authors

  • Arief Alamsyah FKUB
  • Ardini Saptaningsih Raksanagara FK UNPAD
  • Insi Farisa Desy FK UNPAD

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.majalahkesehatan.2017.004.02.3

Abstract

Empati merupakan dasar dari hubungan terapetik antara dokter dan pasien. Pengukuran empati berdasarkan persepsi pasien menggunakan kuesioner The Consultation and Relational Empathy (CARE) telah digunakan secara luas dan telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa di dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji psikometri dari kuesioner CARE versi bahasa Indonesia, mengukur rerata empati dokter dan menguji perbedaan nilai rerata empati antara kategori usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, penghasilan, jumlah keluhan, penyakit kronis, jenis kelamin dokter dan lokasi fasilitas kesehatan primer.Data dikumpulkan dari 336 pasien yang memeriksakan diri ke 21 dokter di 6 fasilitas kesehatan primer. Lokasi penelitian berada di kota dan kabupaten Malang. Validitas konstruk kuesioner diperiksa dengan korelasi Pearson sedangkan reliabilitas kuesioner diukur dengan metode Cronbach’s alpha. Uji beda rerata nilai empati per karakteristik pasien, dokter dan lokasi  fasilitas kesehatan primer diukur menggunakan independent t test dan ANOVA. Analisis data terhadap validitas kuesioner CARE berbahasa Indonesia menunjukkan nilai corrected item-total score correlations dalam rentang 0,623-0,694 dengan nilai Cronbach’s alpha = 0,902. Rerata empati dokter bervariasi diantara rentang 27 hingga 50 dengan rerata total 40,69. Studi ini menyimpulkan bahwa kuesioner CARE versi bahasa Indonesia dapat digunakan untuk mengukur empati dokter di layanan primer karena memiliki validitas dan  reliabilitas yang baik. Nilai rerata empati dokter secara keseluruhan berada pada rentang rata-rata (average). Tidak terdapat perbedaan nilai empati pada hampir semua karakteristik pasien, kecuali pada parameter penghasilan dan lokasi fasilitas kesehatan primer.

Kata Kunci: empati, Malang, kuesioner CARE, reliabilitas, pelayanan primer

Author Biographies

Arief Alamsyah, FKUB

Lab Ilmu Kesehatan Masyarakat/Kedokteran Pencegahan, FK UB

Ardini Saptaningsih Raksanagara, FK UNPAD

Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, FK UNPAD

Insi Farisa Desy, FK UNPAD

Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, FK UNPAD

References

Hojat M, Vergare MJ, Maxwell Ket al. The Devil is in the Third Year: A Longitudinal Study of Erosion of Empathy in Medical School. Academic Medicine. 2009; 8:1182-1191.

Haslam N. Humanising Medical Practice: the Role of Empathy. Medical Journal of Australia.2007; 187(7):381-383.

Buckman R. Tulsky JA, Rodin G. Empathic Responses in Clinical Practice: Intuition or Tuition?.Canadian Medical Association Journal. 2011;183(5): 569-571.

Mercer SW. Reynolds WJ. Empathy and Quality of Care. British Journal of General Practise.2002; 52:S9-S13.

Neumann M, Edelhauser F, Tauschel D. Empathy Decline and Its Reasons:A Systematic Review of Studies With Medical Students and Residents. Academic Medicine. 2011; 86:996–1009.

Derksen F, Bensing J, Lagro-Janssen A. Effectiveness of Empathy in General Practice: a Systematic Review. British Journal of General Practise. 2013; e76-e83.

Joyce A, Mercer SW. An Evaluation of the Impact of a Large Group Psycho-Education Programme (Stress Control) on Patient Outcome: Does Empathy Make a Difference?. The Cognitive Behaviour Therapist. 2009; 1-17.

Hojat M, Gonnella JS, Nasca T. Physician Empathy: Definition, Components, Measurement, and Relationship to Gender and Specialty. American Journal ofPsychiatry. 2002; 59:1563–1569.

Mercer SW, McConnachie A, Maxwell M. Relevance and Practical Use of the Consultation and Relational Empathy (CARE) Measure in General Practice. Family Practice. 2005; 328-334.

Mercer SW, Fung CSC, Chan FWK et al. The Chinese-Version of the CARE Measure Reliably Differentiates between Doctors in Primary Care: A Cross-Sectional Study in Hong Kong. Family Practise.2011; 12(3):1-9.

Wirtz,M, BoeckerM, Forkmann T, Neumann M. Evaluation of the ‘‘Consultation and Relational Empathy’’ (CARE) Measure by Means of Rasch-Analysis at the Example of Cancer Patients. Patient Education and Counseling. 2011; 82:298–306.

Mercer SW, Maxwell M, Heaney Det al. The Consultation and Relational Empathy (CARE) Measure: Development and Preliminary Validation and Reliability of an Empathy-Based Consultation Process Measure. Family Practice 2002; 21(6):699-705.

Hair JF, Black WC, Babin BJ, Anderson RE. Multivariate Data Analysis. 7thEdition. USA: Pearson Education Limited. 2013.

Claramita M, Susilo AP, Kharismayekti M, Van Dalen J, Vleuten CVD.Education for Health. 2013; 26(3):147-155.

Lloyd M, Borr RB.Communication Skills for Medicine. 2ndEdition. Elsevier. 2004.

Roter D, Hall JA, Aoki Y. Physician Gender Effect in Medical Communication: a Meta Analytic Review. JAMA. 2002; 288(6):756-764.

Rueckert L and Naibarr N. Gender Differences in Empathy: the Role of the Right Hemisphere. Brain and Cognition. 2008; 67:162–167.

Downloads

Published

13-07-2017

How to Cite

Alamsyah, A., Raksanagara, A. S., & Desy, I. F. (2017). EMPATI DOKTER DI LAYANAN PRIMER: PENGUKURAN MENGGUNAKAN KUESIONERCONSULTATION AND RELATIONAL EMPATHY (CARE) VERSI INDONESIA. Majalah Kesehatan, 4(2), pp.69–78. https://doi.org/10.21776/ub.majalahkesehatan.2017.004.02.3

Issue

Section

Original Research Article