Optimasi Kadar Kombinasi Polimer Hidroksi Propil Metil Selulosa dan Superdisintegran Crosscarmellose Sodium terhadap Daya Adhesi dan Laju Pelepasan Obat dalam Tablet Vaginal Metronidazol

Authors

  • Anugrah Elfa Yudita FKUB
  • Oktavia Eka Puspita FKUB
  • Adeltrudis Adelsa Danimayostu FKUB

Abstract

Pengobatan yang efektif di daerah genitalia wanita harus memiliki sistem penghantaran obat yang sesuai dengan kondisi daerah vagina yang memiliki aktivitas self-cleansing. Penggunaan kombinasi polimer mukoadhesif dan superdisintegaran crosscarmellose sodium diharapkan dapat membantu penghantaran obat yang sesuai dengan kondisi vagina. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar kombinasi polimer HPMC dan superdisintegran crosscarmellose sodium untuk menghasilkan daya adhesi dan laju pelepasan obat dalam tablet vaginal metronidazole yang optimum. Metode pembuatan tablet yang digunakan yakni metode kempa langsung. Pada penelitian ini digunakan 3 formula yang mempunyai kadar kombinasi yang berbeda yakni dengan perbandingan kadar kombinasi untuk formula I sebesar 30:1, formula II sebesar 30:3 dan formula III sebesar 50:1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk uji IPC dan karakteristik fisik tablet seperti laju alir, homogenitas, keseragaman bobot, keseragaman ukuran, kekerasan, kerapuhan, penetapan kadar dan waktu hancur memenuhi persyaratan penerimaan tablet. Pada uji laju pelepasan obat dengan formula I memberikan pelepasan obat sebesar 0,1257 mg/menit  setelah 4 jam jika dibandingkan dengan formula 2 dan formula 3. Daya adhesif yang paling tinggi terdapat pada formula 3 dengan konsentrasi HPMC sebesar 50%. Namun, ketiga formula masih memiliki daya adhesif yang masih diterima oleh persyaratan (minimal 3 jam di area vagina). Berdasarkan hasil tersebut kadar kombinasi formula yang optimum terdapat pada formula I yang mempunyai laju pelepasan yang cepat dan daya adhesif yang mampu menghambat pelepasan obat dalam waktu 4 jam.

 

Kata kunci: Crosscarmellose sodium, Daya adhesif, HPMC,Laju pelepasan obat, Tablet vaginal

Author Biographies

Anugrah Elfa Yudita, FKUB

FKUB

Oktavia Eka Puspita, FKUB

FKUB

Adeltrudis Adelsa Danimayostu, FKUB

FKUB

References

Ambikar RB and Doekar GS. Design and In-vitro Evaluation of Benzydamine Hydrochloride Rapidly Dispersible Gel Forming Tablets for Vaginal Delivery. Universal Journal of Pharmacy. 2014; 03(01):79-85.

Pandey KH. Formulation and In-vitro Evaluation of Antibiotic Effervescent Bioadhesive Vaginal Tablet. Karnakata: Department of Pharmaceutics, The Oxford College of Pharmacy. 2012.

Phanindra B, et al. Recent Advances in Mucoadhesive/Bioadhesive Drug Delivery System : A Review. Int J Pharm Med & Bio Sc. 2013; 2(1).

Geeta PM and Patel AP. A Novel Effervescent Bioadhesive Vaginal Tablet of Ketoconazole : Formulation and In-vitro Evaluation. International Journal of PharmTech Research. 2010; 2(1):656-667.

Priyanka Sand Sethi V. A Review Article On: Superdisintegran. Int J Drug Res Tech. 2013; 3(4).

Akbari J, et al. Development and Evaluation of Mucoadhesive Chlorhexidine Tablet Formulations.Tropical Journal of Pharmaceutical Research. 2010; 9(4):321-327.

Lachman L. The Theory & Practice of Industrial Pharmacy. English: Lea & Febiger. 1986.

The United States Pharmacopeial Convention. 2007. United States Pharmacopoeia XXX.

Banne Y, et al. Uji Kekerasan, Keregasan, dan Waktu Hancur Beberapa Tablet Ranitidin. Manado: Jurusan Farmasi Politeknik Kesehatan Kemenkes. 2012.

Rowe, et al. Handbook of Pharmaceutical Excipients.6th Edition. London: Royal Pharmaceutical Society of Great Britain. 2009.

El-Kamel, Amal Hasan, et al. Biodhesive Controlled Release Metronidazole Vaginal Tablets. Acta Pharm. 2002; 52:171-179.

Karaskulu H, Yesim, et al. Efï¬cacy of a New Ketoconazole Bioadhesive Vaginal Tablet on Candida albicans. IL FARMACO. 2004; 59:163–167.

Sheskey PJ and Hendren J. The Effects of Roll Compaction Equipment Variables, Granulation Technique, and HPMC Polymer Level on A Controlled-Release Matrix Model Drug Formulation. Pharm Technol. 1999;23(3):90-106.

Swarbick J, et al. Encyclopedia of Pharmaceutical Technology. Vol 1. 3rd Edition. New York: Marcel Dekker Inc. 2007.

Jones D. Pharmaceutical Application of polymers for Drug Delivery. Vol 15. Rapra. 2004.

Lieberman, et al. 1989. Pharmaceutical Dosage Form: Tablet. Vol 1. New York: Marcel Dekker, Inc.

Patel DB, et al. Formulation and Development of Mucoadhesive Tablet of Diltiazem Hydrocloride. International Journal of Pharma and Bio Sciences. 2010; 1(2).

Downloads

Published

06-12-2016

How to Cite

Yudita, A. E., Puspita, O. E., & Danimayostu, A. A. (2016). Optimasi Kadar Kombinasi Polimer Hidroksi Propil Metil Selulosa dan Superdisintegran Crosscarmellose Sodium terhadap Daya Adhesi dan Laju Pelepasan Obat dalam Tablet Vaginal Metronidazol. Majalah Kesehatan, 3(3), pp.152–165. Retrieved from https://majalahfk.ub.ac.id/index.php/mkfkub/article/view/104

Issue

Section

Original Research Article