RELIABILITAS PENDAPAT AHLI PADA FOTOGRAFI FORENSIK DALAM MEMPERKIRAKAN USIA MEMAR

Authors

  • Reyhan Andika Firdausi FKUB
  • Aria Yudhistira FKUI
  • Herkutanto Herkutanto FKUI

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.majalahkesehatan.005.02.5

Keywords:

fotografi forensik, usia memar, pendapat ahli.

Abstract


 

Kemampuan menilai, mendokumentasikan, dan menginterpretasikan luka dengan tepat merupakan bagian penting dari tugas dokter forensik. Salah satu bentuk dokumentasi dalam pemeriksaan kasus forensik klinik adalah foto. Foto luka yang memenuhi kaidah fotografi forensik akan mempermudah dokter untuk melakukan repetitif analisa pada luka dan memberikan keyakinan yang tinggi dalam menuangkan pendapat ahlinya, juga bagi praktisi hukum untuk kepentingan peradilan. Memar merupakan jenis luka yang mempunyai karakteristik unik. Perubahan warna terjadi pada proses penyembuhan memar, sehingga proses dokumentasi luka lebih sulit. Saat ini kebanyakan dokter belum mengetahui alat dan teknik fotografi yang baik untuk kepentingan peradilan. Maka, pada penelitian ini dicoba beberapa alat dan teknik fotografi untuk mendokumentasikan luka. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif observasional yang betujuan untuk melihat tingkat kesesuaian (reliabilitas) antar pendapat ahli (expert opinion) dalam memperkirakan usia memar dari foto luka. Memar difoto dengan 3 alat fotografi yang berbeda (kamera DSLR, mirrorless, dan handphone). Pengambilan foto dilakukan sebanyak 7 kali untuk masing-masing alat. Delapan kali waktu pengambilan tersebut disesuaikan dengan proses penyembuhan memar.  Hasil interpretasi ahli dari foto luka yang dihasilkan kamera DSLR dengan mode manual memiliki tingkat kesesuaian yang lebih tinggi daripada kamera lainnya. Penulis menyimpulkan bahwa dalam melakukan dokumentasi luka sebaiknya menggunakan kamera DSLR dan memakai mode manual. Foto luka yang memenuhi kaidah fotografi forensik dapat membantu dokter dalam menuangkan pendapat ahlinya menjadi lebih baik untuk proses peradilan.

 

Author Biographies

Reyhan Andika Firdausi, FKUB

Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal, FK UB

Aria Yudhistira, FKUI

Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal, FK UI

Herkutanto Herkutanto, FKUI

Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal, FK UI

References

Daftar Pustaka

Stark M. Clinical Forensic Medicine: A Physician’s Guide. Second Edition. New Jersey: Humana Press. 2005.

Idries AM, Tiptomartono AL. Penerapan Ilmu Kedokteran Forensik Dalam Proses Penyidikan. Jakarta: Sagung Seto. 2011.

Nafisah, ZF. Hubungan Antara Temuan Luka Akibat Kekerasan Tumpul di Dada dengan Kerusakan Organ di Dalamnya. Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia. 2015.

Riandini IL, Susanti R, Yanis A. Gambaran Luka Korban Kecelakaan Lalu Lintas yang Dilakukan Pemeriksaan di RSUP Dr M Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Andalas. 2015; 4(2). http://jurnal.fk.unand.ac.id/index.php/jka/article/viewFile/283/270 Diakses 4 Mei 2017.

Affandi D, Rosa WY, Suyanto, Khodijah, Widyaningsih C. Karakteristik Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga. Journal Indonesia Medical Association. 2012; 62(11).

Budiyanto A. Ilmu Kedokteran Forensik. Jakarta: Bagian Kedokteran Forensik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 1997.

Reis G. Photoshop CS3 for Forensic Professionals. Indianapolis: Wiley Publishing. 2007.

Robinson E. Crime Scene Photography. Washington: Academic Press. 2010.

Duncan CD. Advanced Crime Scene Photography. Boca Raton: CRC Press. 2009.

Konsil Kedokteran Indonesia. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia. 2012.

Fauzan S. Modul Sejarah Perkembangan Fotografi dan Anatomi Kamera. (Online). 2015. https://performaupi.files.wordpress.com/2013/12/sejarah-perkembangan-fotografi-dan-anatomi kamera.pdf. Diakses 5 Agustus 2015.

Wells D. Injury Interpretation. The Department of Forensic Medicine, Monash University. Chrchill Victoria: Distance Education Centre Monash University. 1999.

Downloads

Published

31-08-2018

How to Cite

Firdausi, R. A., Yudhistira, A., & Herkutanto, H. (2018). RELIABILITAS PENDAPAT AHLI PADA FOTOGRAFI FORENSIK DALAM MEMPERKIRAKAN USIA MEMAR. Majalah Kesehatan, 5(2), pp.104–110. https://doi.org/10.21776/ub.majalahkesehatan.005.02.5

Issue

Section

Original Research Article