HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN TINGKAT STRES PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT TENTARA Dr.SOEPRAOEN MALANG

Authors

  • Lilik Supriati FKUB
  • Bintari Ratih Kusumaningrum FKUB
  • Haris Fadjar Setiawan FKUB

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.majalahkesehatan.2017.004.02.4

Abstract

Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit degeneratif yang memerlukan penanganan tepat dan serius. Penderita DM harus menjalani terapi yang dilakukan secara terus menerus. Kondisi ini dapat mengakibatkan berbagai perubahan kesehatan yang menimbulkan gangguan fisik maupun psikologis bagi penderita. Gangguan psikologis yang umum terjadi yaitu stres. Salah satu faktor yang mempengaruhi stres adalah kecerdasan emosi. Kecerdasan emosi merupakan kemampuan seseorang untuk mengendalikan emosi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara tingkat kecerdasan emosional dengan tingkat stres pada penderita diabetes mellitus. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan 46 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner tingkat kecerdasan emosi dan tingkat stres pada penderita DM. Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan bahwaada korelasi negatif antara kecerdasan emosi dengan tingkat stres pada pasien DM (r = -0,523, p = 0,00). Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin rendah tingkat kecerdasan emosional semakin tinggi tingkat stres yang dialami penderita DM.

Kata kunci: diabetes mellitus (DM), kecerdasan emosional, stres

Author Biographies

Lilik Supriati, FKUB

Program Studi Ilmu Keperawatan, FKUB 

Bintari Ratih Kusumaningrum, FKUB

Program Studi Ilmu Keperawatan, FKUB

Haris Fadjar Setiawan, FKUB

Program Studi Ilmu Keperawatan, FKUB

References

Tandra H. Segala Sesuatu yang Harus Anda Ketahui Tentang Diabetes Tanya Jawab Lengkap Dengan Ahlinya. Jakarta: Gramedia. 2008.

Almatsier S. Penuntun Diet. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2006.

Kariadi S dan Hartini KS. Diabetes? Siapa Takut!!. Bandung: Penerbit Qanita. 2009.

RISKESDAS.2007. Online. Http://Digilib.Esaunggul.Ac.Id/Public/UEU-Undergraduate 2405BABI.Pdf?Kbzahyuoccezfbza. Diakses 24 Januari2016.

Sofiana LI, Elita V, dan Utomo W. Hubungan antara Stres dengan Konsep Diri pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Jurnal Ners Indonesia.2012; 2(2).

Perry AG dan Potter PA. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik. Jakarta: EGC.2008.

Ide P. Seri Bodytalk-Yoga untuk Stres. Jakarta: Gramedia. 2008.

Tiedt JA and Brown LA. Allostatic Load: The Relationship between Chronic Stress and Diabetes in Native Americans. Journal of Theory Construction & Testing. 2014; 18(22).

Wulandari CD. Hubungan antara Persepsi terhadap Penyakit dengan Tingkat Stres pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe II di RSD Dr. Haryoto Lumajang. Malang: Universitas Brawijaya. 2013.

Lahey BB. Psychology An Introduction.9th Edition. New York: Mcgraw-Hill Companies. 2007.

Rahmawati RC. Hubungan Tingkat Kecerdasan Emosional dengan Tingkat Stres Akademik pada Remaja Menjelang Ujian Nasional (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Lumajang). Malang: Universitas Brawijaya. 2015.

Goleman D. Emotional Intelegence. Jakarta: PT Gramedia. 2015.

Dubey A. Fostering Emotional Intelligence and Coping with Diabetes and Evaluation of Quality of Life. Indian Journal of Health and Wellbeing. 2013.

Tri KAR. Efek Gender dan Pendidikan pada Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kinerja Karyawan BPR di Kabupaten Gianyar. Bali: Universitas Udayana. 2010.

Donahue AS.The Relationship among Emotional Intelligence, Self-Management and Glycemic Control in Individuals with Type 1 Diabetes.US: University Of Massachusetss Worcester. 2010.

Isworo A. Hubungan Depresi dan Dukungan Keluarga terhadap Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di RSUD Sragen. Purwokerto: Universitas Jendral Soedirman. 2010.

Sarafino EP and Smith TW. Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. 7th Edition.US: John Wiley & Sons Inc. 2011.

Downloads

Published

13-07-2017

How to Cite

Supriati, L., Kusumaningrum, B. R., & Setiawan, H. F. (2017). HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN TINGKAT STRES PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS DI RUMAH SAKIT TENTARA Dr.SOEPRAOEN MALANG. Majalah Kesehatan, 4(2), pp.79–87. https://doi.org/10.21776/ub.majalahkesehatan.2017.004.02.4

Issue

Section

Original Research Article